cover
Contact Name
Muhammad Asy'ari
Contact Email
muhammadasyari1991@gmail.com
Phone
+6285338219596
Journal Mail Official
lumbunginovasi@gmail.com
Editorial Address
Tanjung Karang Sekarbela, Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lumbung Inovasi: Journal of Community Service
ISSN : -     EISSN : 2541626X     DOI : -
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat | Lumbung Inovasi: Journal of Community Service (ISSN: 2541-626X) is an open access scientific journal that publish community service and empowerment articles. This journal published twice a year (bianually) in May and November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 3 (2023): September" : 32 Documents clear
Pelatihan dan Pendampingan Pembukaan Rekening Online Bank Syariah Indonesia Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Fadilla Fadilla; Yusuf Suhendi
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1188

Abstract

Teknologi digital saat ini mendominasi berbagai aspek kehidupan, termasuk perbankan syariah. Perbankan syariah berupaya memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan kepada nasabah, salah satunya dengan pembukaan rekening online melalui BUREKOL. Kami, sebagai dosen Perbankan Syariah, bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia untuk melatih mahasiswa dalam pembukaan rekening online. Pelatihan ini dilakukan pada 13 Maret 2023 di STEBIS IGM dengan 15 peserta. Metode pelatihan melibatkan contoh pembukaan rekening online yang dipraktikkan oleh seorang praktisi perbankan. Setelah pelatihan, 15 dari 17 mahasiswa memiliki rekening BSI dan mampu menggunakan mobile banking melalui smartphone mereka." Training and Assistance in Opening Online Accounts for Bank Syariah Indonesia for STEBIS IGM Sharia Banking Students  Digital technology currently dominates various aspects of life, including sharia banking. Sharia banking seeks to utilize technology to provide convenience to customers, one of which is by opening an online account through BUREKOL. We, as Sharia Banking lecturers, collaborate with Bank Syariah Indonesia to train students in opening online accounts. This training was conducted on March 13 2023 at STEBIS IGM with 15 participants. The training method involves an example of opening an online account practiced by a banking practitioner. "After the training, 15 out of 17 students had BSI accounts and were able to use mobile banking via their smartphones.".
Edukasi Puasa Sehat Dalam Perspektif Fiqih dan Sains di Rumah Singgah Al Ma’un Apriza Fitriani; Bintang Agustina Pratiwi; Dedy Novriadi
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1194

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak-anak dan ibu binaan di Rumah Singgah Al Ma'un, Kota Bengkulu, tentang puasa sehat dari sudut pandang fiqih dan sains. Metode yang digunakan melibatkan penyuluhan, ceramah, tanya jawab, dan pelatihan. Kegiatan ini ditargetkan pada anak-anak dan ibu binaan di rumah singgah tersebut, dengan fokus pada bulan April. Tahapan kegiatan mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan antusiasme anak-anak dan ibu dalam mengikuti kegiatan ini, serta peningkatan pemahaman mereka tentang puasa sehat. Harapan dari kegiatan ini adalah menerapkan puasa sehat secara konsisten baik dari aspek fiqih maupun sains. Healthy Fasting Education in the Perspective of Fiqh and Science at the Al Ma'un Halfway House This activity aims to increase the understanding of children and assisted mothers at Al Ma'un Halfway House, Bengkulu City, about healthy fasting from the perspective of jurisprudence and science. The methods used involve counseling, lectures, questions and answers, and training. This activity is targeted at children and mothers assisted in the halfway house, with a focus on April. Activity stages include preparation, implementation and evaluation. The results show the enthusiasm of children and mothers in participating in this activity, as well as an increase in their understanding of healthy fasting. The hope of this activity is to implement healthy fasting consistently both from the aspects of jurisprudence and science.
Pendidikan Kesehatan Pencegahan Penularan HIV AIDS pada Kelompok Remaja di Tulungagung Rio Ady Erwansyah; Amita Audilla; Manggar Purwacaraka; Shulhan Arief Hidayat; Angga Miftakhul Nizar; Wiwid Yuliastuti; Aesthetica Islamy
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1253

Abstract

HIV/AIDS merupakan penyakit yang menjadi momok bagi manusia di seluruh dunia, dimana kekebalan tubuh penderita menurun sehingga penderita rentan mengalami berbagai macam penyakit dan komlpikasi lainnya, apalagi sampai detik ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan HIV/AIDS. Ironisnya, jumlah kasus AIDS tertinggi terjadi pada remaja kelompok usia 20 sampai 29 tahun yang mengindikasikan mereka telah terinfeksi HIV sejak 5 hingga 10 tahun sebelumnya, dimana saat itu mereka masih pada tahap remaja pertengahan. Pengabdian ini bertujuan memberikan Pendidikan kesehatan kepada remaja mengenai pencegahan penularan HIV AIDS. Jumlah siswa yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 100 orang. Tahapan yang diterapkan dalam pelaksanaan pengabdian ini terbagi dalam persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pre dan post test. Pengetahuan remaja mengalami perubahan positif yang signifikan (65%) yang sebelumnya 35%. Hasil menunjukkan bahwa peserta yang telah menerima edukasi Pendidikan kesehatan mengalami  peningkatan pengetahuan mengenai pencegahan penularan HIV AIDS. Kegiatan Pendidikan kesehatan ini memberikan pengetahuan mengenai cara pencegahan HIV AIDS kepada remaja dan pemahaman remaja tentang status kesehatan yang baik. Kegiatan Pendidikan kesehatan ini memberikan efek positif kepada para remaja guna keberlangsungan hidup yang lebih baik.  Kegiatan ini perlu dilakukan karena mengingat akan manfaatnya. Health Education on Prevention of HIV AIDS Transmission in Youth Groups in Tulungagung HIV/AIDS is a disease that is a scourge for humans all over the world, where the patient's immune system decreases so that sufferers are susceptible to various kinds of diseases and other complications, especially since until now there is no drug that can cure HIV/AIDS. Ironically, the highest number of AIDS cases occurred in adolescents in the age group of 20 to 29 years which indicated that they had been infected with HIV since the previous 5 to 10 years, at which time they were still in their mid-adolescence stage. This service aims to provide health education to adolescents regarding the prevention of HIV AIDS transmission. The number of students involved in this activity was 100 people. The stages applied in the implementation of this service are divided into preparation, implementation and evaluation. Methods of data collection is done by pre and post test. Adolescent knowledge experienced a significant positive change (65%) from 35% previously. The results show that participants who have received health education experience increased knowledge about preventing the transmission of HIV AIDS. This health education activity provides knowledge on how to prevent HIV AIDS to adolescents and adolescents' understanding of good health status. This health education activity has a positive effect on adolescents for a better life. This activity needs to be done because of its benefits
Pemberdayaan Kelompok Swadaya pengerajin Ukiran Bali “Anjatta” Dalam Mendukung Produksi Ukiran Di Desa Batubulan Kangin Kecamatan Sukawati I Komang Putra; IGA Athina Wulandari; Gede Sanjaya Adi Putra
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1296

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan meningkatkan kapasitas produksi kelompok swadaya pengerajin ukiran "Anjatta" di Desa Batubulan Kangin, Sukawati, Gianyar, untuk ekspansi pasar internasional. PKM juga bertujuan meningkatkan pengetahuan mereka dalam pengelolaan produksi dan keuangan. Metodenya melibatkan Focus Group Discussion (FGD) tentang produksi, ceramah tentang peluang ekspor, dan pelatihan pencatatan transaksi. Bantuan sarana produksi juga diberikan untuk meningkatkan produksi. Hasil observasi dan pengujian menunjukkan PKM membantu anggota Anjatta memahami pengelolaan produksi, keuangan, dan peluang ekspor serta meningkatkan produksi. Untuk keberlanjutan, disarankan melatih pemanfaatan market place dan e-commerce untuk penjualan internasional. Empowerment Of Balinese Carving Craftsmen Self-Help Group In Supporting Increased Production In Batubulan Kangin Village, Sukawati District  The Community Service Program (PKM) aims to increase the production capacity of the self-help group of "Anjatta" carving craftsmen in Batubulan Kangin Village, Sukawati, Gianyar, for international market expansion. PKM also aims to increase their knowledge in production and financial management. The method involves Focus Group Discussions (FGD) about production, lectures about export opportunities, and transaction recording training. Assistance for production facilities is also provided to increase production. Observation and test results show that PKM helps Anjatta members understand production management, finance and export opportunities and increase production. For sustainability, it is recommended to train in the use of market places and e-commerce for international sales.
Sosialisasi Literasi Digital Melalui Pengenalan Teknologi Baru Untuk Menghindari Penyebaran Hoaks di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Mangga Ulir Jakarta Selatan Rizky Eka Prasetya; Hakam Ali Niazi; Rinny Meidiyustiani; Retno Fuji Oktaviani; Syaiful Anwar
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1305

Abstract

Penyebaran hoax adalah permasalahan serius di era digital saat ini, merugikan masyarakat karena kurangnya literasi digital. RPTRA Mangga Ulir bisa jadi tempat ideal untuk program literasi digital anak-anak, remaja, dan orang tua. Kurang pemahaman dan kemampuan verifikasi informasi dapat menyebabkan penyebaran hoax yang merugikan. Kesadaran dan edukasi adalah solusi dengan metode penyuluhan. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya anak-anak, tentang literasi digital, bahaya hoax, dan teknologi verifikasi informasi. Hasilnya adalah peningkatan literasi digital di RPTRA Mangga Ulir, dengan peserta yang lebih paham teknologi, mampu menghindari hoax, dan memahami pentingnya verifikasi informasi. RPTRA Mangga Ulir menciptakan lingkungan mendukung literasi digital, membantu masyarakat menjadi lebih waspada terhadap penyebaran hoax, dan memperoleh keterampilan penting di era digital. Socialization of Digital Literacy Through the Introduction of New Technology to Avoid the Spread of Hoaxes in Child Friendly Integrated Public Space in South Jakarta The spread of hoaxes is a serious problem in the current digital era, harming society due to a lack of digital literacy. RPTRA Mangga Ulir could be an ideal place for digital literacy programs for children, teenagers and parents. Lack of understanding and ability to verify information can cause the spread of detrimental hoaxes. Awareness and education are solutions with the extension method. The aim is to increase public understanding, especially children, about digital literacy, the dangers of hoaxes, and information verification technology. The result is increased digital literacy at the Mangga Ulir RPTRA, with participants who are more technologically savvy, able to avoid hoaxes, and understand the importance of information verification. RPTRA Mangga Ulir creates an environment that supports digital literacy, helps people become more aware of the spread of hoaxes, and acquires important skills in the digital era.
Program Kemitraan Masyarakat: Pemberdayaan Bank Sampah Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Lingkungan Dalam Menperpanjang Umur Bumi di Desa Paksebali Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung Sanjaya Adi Putra; Komang Putra; I Made Aditya Pramartha
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1312

Abstract

Tujuan program kemitraan masyarakat ini adalah untuk Meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat desa paksebali tentang lingkungan, khususnya tata cara pengelolaan sampah, dan pemilahan sampah. Selain untuk melatih pengurus bank sampah dalam hal tata Kelola keuangan dan tata Kelola organisasi yang baik.  Pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi serta latihan. Dengan dilakukan Program Kemitraan Masyarakat ini pihak pengelola bank sampah “Wangun Arta” dapat memahami prosedur atau proses pengelolaan bank sampah dengan baik dan benar serta dapat melakukan pencatatan keuangan secara manual. Selain Itu PKM ini dapat meningkatkan kualitas dan kesadaran penduduk di desa Pakse Bali Klungkung dalam menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar.  Community Partnership Program: Empowerment of Waste Banks as a Form of Concern for the Environment in Prolonging the Life of the Earth in Paksebali Village, Dawan District, Klungkung Regency  The aim of this community partnership program is to increase the insight and knowledge of the Paksebali village community about the environment, especially waste management procedures and waste sorting. Apart from training waste bank administrators in terms of financial management and good organizational governance. The implementation of Community Partnership Program activities is carried out using lecture, tutorial, discussion and training methods. By carrying out this Community Partnership Program, the management of the "Wangun Arta" waste bank can understand the procedure or process of managing the waste bank properly and correctly and can carry out financial records manually. Apart from that, this PKM can improve the quality and awareness of residents in Pakse Bali Klungkung village in maintaining cleanliness and the surrounding environment.
Pendampingan Usaha Pia Tiga Putri dalam Peningkatan Produksi dan Manajemen Pemasaran Ni Ketut Pradani Gayatri Sarja; I Ketut Parnata; Luh Mei Wahyuni
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1337

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mendampingi mitra dalam proses peningkatan produksi serta manajemen agar usahanya lebih berkembang. Tujuan ini direalisasikan dalam bentuk metode pelaksanaan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu persipan, implementasi dan evaluasi. Tahapan impelementasi kegiatan ini terdiri dari memberikan bantuan alat produksi, pelatihan pengemasan, digital marketing serta manajemen keuangan yang diikuti oleh mitra ditambah dengan tiga anggota mitra yang membantu usahanya. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan setelah pemberian alat produksi yaitu waktu produksi berkurang 50% baik pembuatan bahan filling pia berupa kacang hijau, sebelumnya dibuat 30 menit sedangkan menggunakan mesin chopper, dipersingkat menjadi 15 menit. Selain itu, proses pemanggangan pia yang biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit menjadi 10 menit dengan kapasitas sekali pemanggangan kurang lebih 50 pcs pia dengan adanya oven atas bawah. Evaluasi juga dilakukan terhadap pengemasan produk, dimana 100% produk pia mitra dikemas dengan kemasan vacum seal berlabel. Evalusi terkait pelatihan digital marketing juga dilakukan dimana mitra dapat melakukan posting foto produk ke instagram. Selain itu untuk manajemen keuangan, mitra sudah bisa membuat nota penjualan dan pencatatan ke buku kas. Rekomendasi yang diberikan bahwa mitra harus menggunakan dan pengetahuan yang diberikan secara optimal serta tim pengabdi melakukan evaluasi. Community Service: Pia Tiga Putri Business Assistance in Increasing Production and Marketing Management The purpose of this service activity is to assist partners in the process of increasing production and management so that their business is more developed. This goal is realized in the form of an implementation method which consists of three stages, namely preparation, implementation and evaluation. The stages of implementing this activity consist of providing assistance with production equipment, packaging training, digital marketing and financial management which are attended by partners plus three partner members who help their business. Based on the results of the evaluation carried out after the provision of production equipment, namely the production time was reduced by 50% both for making pia filling in the form of green beans, previously made 30 minutes while using a chopper machine, it was shortened to 15 minutes. In addition, the process of baking pia which usually takes approximately 15 minutes becomes 10 minutes with a one-time roasting capacity of approximately 50 pcs of pia with an up and down oven. Evaluation was also carried out on product packaging, where 100% of PIA Mitra's products were packaged with a labeled vacuum seal packaging. Evaluations related to digital marketing training are also carried out where partners can post product photos to Instagram. Apart from that, for financial management, partners can already make sales notes and record them in the cash book. Recommendations are given that partners must use and knowledge provided optimally and the service team evaluates it.  
Pengembangan UMKM Kain Perca Melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Di Tabanan Bali Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja; Ni Made Mega Abdi Utami; Luh Mei Wahyuni
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1345

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu mitra dalam mengatasi kendala yang dialami sehingga usaha mitra dapat perkembang terutama dengan penerapan teknologi tepat guna. Metode pelaksaan kegiatan ini adalah dipecah menjadi beberapa kegiatan yaitu sosialisasi, pelatihan manajemen keuangan, pelatihan penggunaan media sosial untuk pemasaran online, pendampingan pembuatan variasi jenis produk baru dan pemberian bantuan berupa alat produksi serta evaluasi kegiatan pengabdian. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan kuantitas produksi hingga 50% dan efisiensi waktu produksi, 1 orang anggota mitra dapat membuat manajemen keuangan sederhana dan 1 orang mitra dapat menggunakan instagram sebagai media promosi produknya. Rekomendasi yang diberikan adalah mengemas hasil produk mitra menjadi produk oleh-oleh khas daerahnya karena peminatnya tidak hanya warga lokal tapi juga wisatawan. The Development Of Patchwork UMKM Through The Utilization Of Appropriate Technology In Tabanan, Bali The purpose of this activity is to assist partners in overcoming the obstacles so that partner's business can develop, especially with the application of appropriate technology. The method of this activity namely socialization, financial management training, training on the use of social media for online marketing, assistance in making variations of new types of products and providing assistance in the form of production tools and evaluation of community service activities. The evaluation results show that there is an increase in production quantity of up to 50% and production time efficiency, 1 partner member can make simple financial management and 1 partner can use Instagram as a medium for promoting their products. The recommendation given is to package the partner's products into regional souvenirs because the demand is not only local residents but also tourists
Pendampingan Pengelolaan dan Inovasi Produk Usaha Kue Kering di Denpasar Tyas Raharjeng Pamularsih; Cokorda Istri Sri Widhari; Ni Ketut Pradani Gayatri Sarja
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1346

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah mendampingi mitra dalam pengelolaan serta pengembangan variasi produknya. Adapun metode pelaksaan kegiatan pengabdian dibagi menjadi tiga tahapan utama yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahapan pelaksanaan dilakukan beberapa kegiatan yang menjadi solusi bagi permasalahan mitra yaitu pemberian bantuan alat produksi berupa mixer dan oven, pendampingan pembuatan variasi produk baru, pelatihan pengemasan menjadi hampers, manajemen keuangan serta pelatihan pemasaran online.  Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dengan wawncara secara langsung ke mitra yaitu terdapat peningkatan kuantitas produk hingga 50%, adanya penambahan 3 variasi produk, kemasan kue diberi label 100% serta adanya inovasi kemasan untuk hampers maupun oleh-oleh, masing-masing 1 orang dari anggota mitra dapat melakukan manajemen keuangan sederhana serta promosi dengan media instagram. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk mitra adalah terus melakukan peningkatan variasi produk dan menggunakan media sosial untuk pemasarannya. Management and Innovation Assistance of Pastry Business Products in Denpasar The purpose of this activity is to assist partners in managing and developing their product variations. The method is divided into three main stages, namely preparation, implementation and evaluation. At the implementation stage, several activities were carried out which became a solution to partner problems, namely the provision of production equipment assistance in the form of mixers and ovens, assistance in making new product variations, packaging training into hampers, financial management and online marketing training. Based on evaluation carried out by direct interviews with partners, there was an increase in product quantity by up to 50%, the addition of 3 product variations, 100% labeled packaging and packaging innovations for hampers, 1 person each from partner members can carry out simple financial management as well as promotions with Instagram media. Recommendations that can be given to partners are to continue to increase product variations and use social media for marketing.
Pemberdayaan POKDARWIS Pantai Tlangoh dalam Pengembangan Desa Wisata Desa Tlangoh Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur Zainudin Zainudin; Rica Wijayanti; Octaviana Arisinta
Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 8 No. 3 (2023): September
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/linov.v8i3.1350

Abstract

Tujuan kegian pengabdian yaitu membantu pengelola POKDARWIS mengembangkan keterampilan mengelola desa wisata secara mandiri atau berdaya. Masalah utama yaitu pengetahuan dan keterampilan Pengelola POKDARWIS Pantai Tlangoh  mengelola desa wisata merencanakan, melaksanakan dan membuat laporan pertanggung jawaban masih  rendah.  Metode penyelesaian yang ditawarkan yaitu pemberdayaan pembangunan desa wisata bagi pengelola POKDARWIS Pantai Tlangoh melalui bimbingan teknis dan pendampingan. Bimbingan teknis dilakukan untuk membekali dan mengupgrade pengetahuan dan keterampilan pengelola POKDARWIS Pantai Tlangoh tentang bagaimana mengelola keuangan dan strategi marketing desa wisata.  Pendampingan dilakukan setelah bimbingan teknis untuk memastikan pengelola POKDARWIS dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara dan profesional mandiri. Hasil kegiatan yaitu Pengelola POKDARWIS mampu mempraktikan membuat pembukuan sederhana yaitu pendapatan dan pengeluaran dan membuat video konten promosi Pantai Tlangoh menggunakan aplkasi desa wisata. Simpulan kegiatan pengabdian yaitu eksistensi dan keberlanjutan Pantai Tlangoh sebagai destinasi desa wisata. Empowerment of Tlangoh Beach POKARWIS in the Development of Tourism Villages in Tlangoh Village, Tanjungbumi District, Bangkalan Regency, East Java Province The purpose of the service activity is to help POKDARWIS managers develop skills in managing tourist villages independently or empowered. The main problem is knowledge and skills Tlangoh Beach POKDARWIS managers manage village tourism planning, implementing and reporting accountability is still low. The settlement method offered is empowering tourism village development for Tlangoh Beach POKDARWIS managers through technical guidance and assistance. Technical guidance is carried out to equip and upgrade the knowledge and skills of Tlangoh Beach POKDARWIS managers on how to manage finances and tourism village marketing strategies. Assistance is carried out after technical guidance to ensure that POKDARWIS managers can apply knowledge and skills in an independent and professional manner. The results of the activity were that the POKDARWIS Manager was able to practice making simple bookkeeping, namely income and expenses and making promotional video content for Tlangoh Beach using the tourist village application. The conclusion of the community service activities is the existence and sustainability of Tlangoh Beach as a tourist village destination

Page 1 of 4 | Total Record : 32